Skip to main content

Mendaki Puncak Besar Gunung Malabar - Gunung yang Sepi Dijamah

Konten [Tampil]

Ringkasan Informasi tentang Gunung Malabar

Nama : Gunung Malabar
Tinggi Gunung : 2343 Mdpl
Lokasi Gunung : Cimaung, Banjaran, Pangalengan, Pegunungan Malabar
Tipe Gunung : Gunung Api tidak aktif
Daya Tarik : Perkebunan teh Bosscha, Puncak Besar Malabar
Aneka Flora yang ada : Pinus, nepenthes gymnaphora, Anaphalis javanica, Anaphalis maxima, anggrek
Aneka Fauna yang ada : Owa Jawa, Elang Jawa, Macan Kumbang, Sigung Jawa, Rusa
Trek yang dilalui : Jalan desa, kebun teh, perkebunan warga, hutan, puncak yang rimbun
Jalur Pendakian : Bisa dari Jalur pendakian Buper Puntang dan Cinyiruan Ds.Pangalengan Kec.Pangalengan
Nama Puncak  : Puncak Besar Malabar
View Gunung lain  yang terlihat dari puncak : Pepohonan rimbun seperti Gunung Manglayang
Simaksi : Ada, hanya jika melalui  jalur Puntang curug siliwangi, jika melalui  Pangalengan maka  belum ada pungutan resmi.
foto dari JGB
Gunung Malabar merupakan sebuah area pegunungan di daerah Bandung Selatan, Kabupaten Bandung. Di area pegunungan Malabar terdapat beberapa puncak yang terkenal antara lain Puncak Mega Gunung Puntang, Puncak Haruman dan Puncak Besar Malabar.

Ketinggian Gunung Malabar adalah 2343 mdpl atau sekitar 7687 kaki, dan berada pada garis lintang 7.13°S-7°8`0″S dan garis bujur 107.65°E-107°39`0″E. Gunung Malabar tidak tergolong kepada gunung berapi aktif, karena banyak peniliti tidak mengetahui kapan terakhir gunung ini mengeluarkan letusannya.

Sejarah dan Asal Usul dari Gunung Malabar. 

Pegunungan Malabar terbentuk dari letusan gunung api kala Plistosen (5 Juta tahun yang lalu). Dengan peristiwa letusan gunung api inilah yang menyebabkan aktivitas pembentukan gunung-gunung di Jawa Barat terjadi.

Gunung Malabar terkenal dengan perkebunan teh yang didirikan oleh Bosscha, sang juragan Teh yang Baik Hati. Nama Malabar kemudian menjadi sumber inspirasi dari nama Kereta Api Malabar, sebuah kereta api eksekutif, bisnis dan ekonomi AC yang sampai sekarang masih aktif beroperasi.

Misteri dan Mitos Yang Berkembang di Gunung Malabar.

Cerita Gunung Malabar adalah bahwa masyarakat sekitar percaya gunung ini merupakan tempat pemujaan dengan patung-patung khas agama Hindu seperti gunung umumnya di Pulau Jawa. Karena itu masyarakat juga percaya nama Malabar adalah berasal dari nama sebuah pantai Malabar di India.

Dengan adanya Situs-situs peninggalan di Gunung Malabar semakin meyakinkan bahwa pada jaman dahulu tradisi dan budaya Hindu sangat kental di gunung ini.

Rute, Cara & Jalur Pendakian ke Puncak Besar Gunung Malabar.

Rute yang dilalui kali ini adalah melalui jalur Pangalengan, dibutuhkan setidaknya 4-5 jam waktu pendakian untuk mencapai puncak besar Malabar ini. Trek yang akan dilalui  para pendaki melalui jalur Cinyiruan yaitu pertama kita akan melewati jalanan warga setelah itu  kita juga  akan masuk ke area  perkebunan teh kemudian para pendaki juga akan melewati area perkebunan warga sebelum sampai di area hutan.

Hutan di Jalur menuju Puncak Besar Gunung Malabar Sangat Rapat.

Hutan yang masih asli dan sejuk
Jalur hutan yang dilalui sangatlah rapat dan belum memiliki jalur jelas menuju puncak, maka bagi kami yang ingin mendaki ke Gunung Malabar sangat di rekomendasikan memiliki ilmu navigasi yang baik ataupun membawa guide yang memang telah berpengalaman.

Trek yang dilalui juga tergolong curam dan beberapa kali di perjalan kita diharuskan untuk membuka  jalur dikarenakan tumbuhan yang sangat rapat. Perbekalan peralatan yang memadai seperti tali webing, peta jalur, sepatu yang mumpuni serta ilmu navigasi yang cukup adalah hal yang sangat diperlukan ketika mendaki Puncak Besar Malabar ini.

Setelah menembus trek hutan kita akan sampai di sebuah tempat yang lumayan luas, para pendaki biasa menyebutnya savana area Malabar. Savana Malabar ini berada di ketinggian 1950 mdpl. Nah tempat inilah yang selalu di jadikan para pendaki untuk area camp sebelum menuju puncak.

Area Puncak Besar Gunung Malabar adalah sebuah lahan yang tidak begitu luas dengan ditumbuhi banyak vegetasi pohon. Sehingga bagi kamu para pendaki pemburu sunrise/sunset, Puncak besar Malabar ini bukan tempat yang tepat untuk melihat pemandangan indah layaknnya di gunung-gunung lainnya. Kamu tidak akan menemukan sunrise maupun sunset disini.

Selain karena jalurnya masih rapat dan sangat sulit untuk dilalui juga tidak banyak pemandangan yang indah bisa dilihat ketika dipuncak. Atas dasar itulah kenapa tidak banyak pendaki yang melakukan pendakian ke Puncak Besar Malabar ini.

Terlepas dari itu Puncak Besar Gunung Malabar adalah gunung yang tepat bagi kamu yang memang memiliki daya tarik jelajah yang tinggi dan suka akan tantangan. Gunung ini adalah salah satu gunung yang patut kamu daki.

Foto-foto Pendakian Puncak Besar Gunung Malabar.

Inilah Galeri foto pendakian Gunung Malabar. Kredit foto diambil oleh tim Jelajah Gunung Bandung dan telah di ijinkan oleh teh Ria Wartina untuk di publish disini :
Jalur kebun teh
Pertengahan jalur kebun teh dan hutan
Masuk ke trek hutan
Jalur rapat dihutan
Hutan yang rapat
Savana Malabar
Maafin di edit, Plang asliya hilang
Suasana Puncak Besar Malabar
Sekian informasi tentang Pendakian Puncak Besar Gunung Malabar Bandung Selatan ini. Semoga artikel diatas bisa menjadi informasi untuk teman-teman jika ingin mendaki ke gunung ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar