Gn. Slamet : Mencumbui Rajanya Jawa Tengah 3428 Mdpl


Slamet Berkabut
Berbekal keberanian dengan dukungan hari libur yang mumpuni, kami 2 orang yang gagah perkasa dengan lantang berikrar akan mencapai puncak tertinggi di tanah Jawa Tengah ini.

Kali ini gue seperti biasa, kenalin gue adalah pria tjaakeep dan gagah walaupun kata orang lain gue hidupnya penuh dengan drama :( dan temen gue Pengkuh panggil aja dia James kenapa gitu? dia ini orang nya fashionable loh bayangin aja ke gunung serba keren atjib deeh!

Dia hari ini nggak ulang tahun, jangan sapa Pengkuh dijalan kasian dia harus berhenti, kalo sholat menghadap kiblat, Pengkuh juga seneng banget hal-hal yang berbau ekonomi. Apalagi Cewek, Bhay!

Saking ekonomisnya nih orang, sampe doi lah yang ngatur transportasi Bus dari Bandung ke Purwokerto ajaib! kita dapet bonus dari angkutan bus dianterin sampe pertigaan Serayu Purbalingga, mayan kan ngirit ongkos.

Gak salah kalo bang Pengkuh yang ngatur soal beginian, pokonya pas banget deh sama cuaca di dompet.

Jangan tanya nama busnya gue lupa, apalagi kondekturnya, tapi kalo butuh no kontak nya, bang Pengkuh nyimpen kok pokoknya busnya tanpa AC, yang gue inget cuman dengkuran bapak-bapak sebelah gue dan gerah nya itulohh.
Bus malam sik asik
Angkutan menuju basecamp
Gunung Slamet ini berada diketinggian 3428 mdpl. Menjulang paling tinggi diantara gunung-gunung lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Mengingat sebelumnya gue udah pernah beberapa kali manjat Gunung Cikuray sampe-sampe gue bikin kompliasi tulisan khusus Cikuray, jadi gue anggap aja Gunung Slamet gak terlalu serius, pengen banget motavisiin diri sendiri dengan bilang ini gunung cemeeeeeeeeeeeeeen!! bisa lah yakin gue nyampe puncak Slamet.

Tapi ya Tuhan....

Pertama kali manjat aja, gue rasa-rasanya kaya udah ngiterin lapang sepak bola pake kostum badut aja. Treknya itu dari awal aja udah bikin banjir keringet apalagi ditambah cuaca lagi panas-panasnya.

Jarak dari Pos Pendaftaran sampe Pos 1 aja hampir 3 jam dan sudut kemiringan treknya juga yang hanya bisa diselesein oleh rumus segitiga sama kaki.

Apa sama sisi ya? Serah deh, gue kalo pinter matematika pastinya udah ambil bidang akutansi kaya bang Pengkuh, bukan jadi tukang desain.
Ini warung keren berada di ketinggian
Udah? Belom abis tau! di Pos 1 terdapat shelter untuk para pendaki yang kelelahan dan sekedar ingin break sebelum lanjutin perjalanan ke Pos 2 yang berjarak 3 jam perjalanan lagi.. Asyu kan? Slamet gini-gini amat hih!

Oiya FYI

Di beberapa shelter Pos Gunung Slamet, kalo lagi musim liburan kaya kemarin jangan aneh kamu semua bakalan banyak nemuin warung-warung dadakan mirip cerita di Papandayan yang siap memanjakan pendaki unyu macam gue ini haha.. Gue sempet nulis kok apa aja yang dijual :

- Gorengan / Rempyek     : Rp. 2500, Enak kalo lagi laper.
- Es teh, Marim*as, dll  : Rp. 4000, Lumayan buat ngilangin dahaga.
- Semangka    : Rp. 10.000/ 3 potong, kalo beli satu cuma 3000-an. Aneh wkwk.
- Nasi Uduk   : Rp. 5000, Udah ditaburi bubuk tempe, kalo kamu beruntung dapet suwiran telor.
- Teh hangat, Kopi, dll: Rp. 4000, Ini joss banget buat penghangat.
- Rokok       : Rp. 4000/batang.
- Mie Rebus   : Rp. 15.000 Wkwk senyum aja.
- Nasi Goreng : Rp. 15.000 Wajib rela ngantri soalnya ini favorit para pendaki.

"BRAK!! GDEBUG.. GRAPUK.. GRUSUK.." kaki kesandung

"ARRGH!! BABANG! KERAM!!"

"SOMEBODY HELP ME! OMG"
 
Badan masih kuat sih. Tapi...
Orang yang dilingkari kini menjadi DPO para Jomblo!
...Apadaya kaki gue udah melipir minta di gendong, keram otot ini eek banget baru aja mau jalan ke Pos 3, udah gitu jatoh didepan orang lagi ngegosip dan istirahat pula, Yang paling eek gue harus buka celana didepan rombongan cewek cantik dan anggun AARGGH.. seketika kegantengan gue yang udah gue bangun luntur dihadapan mereka.

Ngeliat bang Pengkuh malah asik ketawa cekikikan dan rekam gue yang lagi kesakitan rasanya itu perih beud! apalagi pas melorotin celana lalu gue usapin salep kram ke bagian paha gue dan aaah.. Gue teriak lucu-lucuan, luluran di Slamet beda yah kaya ada malu-malu nya gitu. Bhay!

Saran nih ya kalau kamu baru mulai mendaki gunung lagi, olahraga dulu jangan sampe kram ini menimpa kamu, Plis jangan! Buat jaga-jaga jika kamu kena kram otot, gue saranin pake salep Balsem Otot Geliga, Panasnya Ganda! *ngarep di endorse Geliga*

Camp Di Pos 4 Samarantu (agak keatas dikit)

Dengan kondisi yang udah gak memungkinkan bagi gue da bang Pengkuh juga udah mulai kasian ngeliatin kondisi gue. Akhirnya setelah ambruk di Pos 3 gue mutusin buat Camp di Pos 4 (agak keatasnnya) yang berjarak 1 jam dari Pos 3.

"Kenapa gak di Pos 4 aja camp nya bang?" saut gue kecapean

"Anjir najis, lo mau ada yang ngeliatin kita semalaman?" bang Pengkuh jawab

"Jangan diliat aja dong bang, sekalian diraba, ditrawang nya juga hehehe" gue nyengir..

"EEK!"~

Malam yang panjang kami lewati di jalur pendakian yang agak landai dan hanya muat untuk 4 tenda, hari itu kami berdua red : bukan homo tidur lebih awal dan berencana besok pagi jam 1 pagi akan Summit puncak.

Tapi apadaya hari itu hujan mengalahkan rencana kita yang memilih untuk tarik sleeping bag lebih rapat lagi yang kemudian kami summit pada jam 6 pagi dari Pos 4 agak keatasnya sedikit.

Dari pos 4 nyampe puncak kita butuh waktu sekitar 6 jam lagi itupun kalo kaki gue bisa diajak mode badak.

Siapin aja cemilan dan teman-temannya buat jaga kondisi stamina kamu apalagi kalo kamu sering banget capek, wajib bawa coklat buat pengganti kabrohirdat --kar--bo--hid--rat-- , kritik yah kalo salah nulis,  dan minum yah. Itu Penting!

"Puncak Di depan!" kata bang Pengkuh nyemangatin

"Di atas! Bukan didepan :P" Gue ngeyel..

...kemudian gue sejenak terdiam ngeliat awan yang terhampar dibawah..

"BANG SINI CEPET, FOTOIN GUE!!" gue loncat-loncat kegirangan.

"Foto aja sendiri! Wlee.."

*dan kemudian pemandangan hilang, lalu kabut tebal datang*

Jalan stop semua karena pandangan mata mulai terbatas kabut..

*kabut hilang, cerah lagi*

Mulai jalan lagi menuju puncak.. Impian dihati bersatu janji kawan sejati. Pasti berjaya di Akademi Fantasi.

Terus aja gitu nyampe tua Puncak.
Boleh dong ngeksis :P
FYI batas vegetasi terakhir adalah Pos 8, dari sini kamu semua akan melewati jalanan yang penuh dengan batu kerikil kecil yang bila kamu injak akan sangat rapuh serapuh hati kamu kalo disapa mantan dijalan.

Kalau gue terhempas dan terguling-guling dari atas mirip tokoh Ian di film 5cm pas ketimpa batu menggelinding seukuran kepala rajanya kerbau, bisa dipastikan minimal gue akan nanya siapa gue? apakah gue ganteng? apakah gue seorang anak presiden? Apakah mantan gue yang nikah udah lahiran? begitulah.

Nasib paling apes, gue langsung disuruh masuk surga sama tuhan. Etapi sih gue belum siap dong, gue lebih milih hati-hati aja dalam melangkah menuju puncak Impian dihati bersatu janji kawan sejati. Pasti berjaya di Akademi Fantasi.. PLAAK!!

Note : Taruhan, kalau kamu baca tulisan diatas sambil nyanyi berarti kita seumuran!

Tepat jam 12 gue dan bang Pengkuh sampai di puncak Slamet.

Keadaan saat itu sangat tidak bersahabat untuk berlama-lama diatas, kabut yang tebal dan roman-romannya akan turun badai disarankan untuk tidak naik puncak lebih dari jam 11 siang. Jangan ikuti gue yang salah ya. Bhay!

Saran : Sebisa mungkin nyampe puncak sepagi mungkin, selain cuaca bagus pemandangan sunrise di puncak Slamet ajib gak ada dua nya.. sisanya biar foto yang jelasin :
Para Pejuang Slamet
Jalur bebatuan
Para Pejuang Capek
Mengintip Slamet disisi lain
Untuk hujan yang sangat awet dan udah bikin kami berdua sukses bertahan 1 malam lagi di camp. Thanks juga untuk badai yang sukses bikin badan gemeteran gak bisa tidur, mistisnya Pos 4 Slamet (untuk bagian ini akan segera dibuat artikel khusus sekuel Slamet doakan aja ya)

Dan gak lupa thanks banget buat bang Pengkuh yang udah ngatur keuangan dan bareng nemenin mendaki rajanya gunung di Jawa Tengah ini. Terakhir Alam Indonesia dan segala belantaranya, Allah Swt, Nabi Muhammad SAW, serta orang tua yang telah memberikan izin untuk mendaki.

Biaya :
- Bus Bandung - Purwokerto                                   : Rp. 75.000 + 5000 (tas carier)
- Bus Purwokerto - Bandung                                   : Rp.90.000
- Angkutan warkamsih Serayu - Bambangan            : Rp. 30.000 x 2 = Rp. 60.000
- Tiket retribusi masyarakat                                      : Rp. 10.000
- Simaksi Gn. Slamet                                               : Rp. 5000
                                                                      Total : Rp. 245.000

Rekomendasi Untuk Kamu × +

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

Rekomendasi Untuk Kamu × +

45 Responses to "Gn. Slamet : Mencumbui Rajanya Jawa Tengah 3428 Mdpl"

  1. Haha parahh bang Adan nyusahin temen nya :P

    ReplyDelete
  2. Kapan gue ikut ke luar jabar 😥😥

    ReplyDelete
  3. bener2 keren bgt, menyuguhkan sebuah pengalaman yang mengesankan, nice artikel dah

    ReplyDelete
  4. Wih keren pemandangannya. sampai di puncak sekitar berapa jam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin total 11 jam bang, Mopo banget ya gue -_-

      Delete
  5. Replies
    1. Kasian bang mereka udah jauh-jauh buka warung diatas gunung , kalo mau ditawar :(

      Delete
  6. gimana bang rasanya jatuh digunung? saya keseringannya jatuh di aspal bang *jangan tanya jatuh di percintaan ya.. BHAY!!
    BTW baydeuwey nice write bang, ngakak baca nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue pendaki tapi tetep takut kalo jatoh hih.. jangan sampe

      Makasih bang pujianya.. btw pembalap ya wkwk

      Delete
    2. bukan mas -__- lebih suka ke sambung ayam sama adu ikan cupang sih..

      Delete
  7. wih keren bang pemandanganya salut

    ReplyDelete
  8. Banyak bahasa yang kurang sopan di atas, padahal sebenarnya ceritanya menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mba saya akan perbaiki, makasih koreksi nya

      Delete
  9. sepertinya pegunungannya rame deh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah mulai rame bang gak seperti dulu, tapi tetep safety yah

      Delete
  10. wahh seru, pengen muncak lagi, tapi kayaknya rame ya disana, lagi hits kali ya. makanya rame.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang sekarang emang lagi banyak peminat nya nih naik gunung..

      Delete
  11. Aaaa.. Seru bangettt.. Pingin ke sono tapi gak ada waktu luang.. Kayknya asik nih jd blogger travelling..

    ReplyDelete
  12. makanan'a mahal.. biasanya gorengan 500 dah dapet :) tp klo laper apa aja masuk perut lah :D
    *my trip my adventure

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anak MTMA nih...

      *wo..oo.woo.oo.woo.. paradise coldplay*

      Delete
  13. Official Wacana is Here!

    Wah mantap nih anak alam hehe. Semoga bisa menjaga kelestarian alam gan. Btw udah pernah naik gunung mana aja di jateng gan? atau baru Gn. slamet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jateng target nya Slamet dulu bang hehe ,, btw saya masih anak mamah & bapa kok bukan anak alam :D

      Delete
  14. Mantap ceesku! Terlalu meninggikan urang nih, padahal bang adhan lebih perkasa dari urang (terutama dalam masak). Btw kangen semangka di slamet dgn harganya yg lebih murah pas beli eceran daripada grosiran 😅
    Salut bro, ditunggu tulisan selanjutnya!

    ReplyDelete
  15. wiihhh enak tenan tuu mas pergi kejawa tengahh

    ReplyDelete
  16. Keren view puncak gn. Slamet, pingin naik gunung tp ga mau capek. Ada tipsnya gak gan? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan kalo mau naik, minta gendong aja yak , bukan sama gue wkwk

      Delete
  17. nice article http://www.mgmdomino.com/

    ReplyDelete

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.