10 Foto Jalur Pendakian Puncak Mega


Udah pernah pernah naik ke Gunung Puntang? Ituloh gunung yang terkenal dengan puncak nya yang bernama Puncak Mega. Berada di deretan pegunungan Malabar Bandung Selatan.

Jejakumurku juga pernah loh bahas tentang pendakian kesana, bagi kamu yang belum baca. Bisa klik dulu disini.

Di internet dan media sosial banyak yang membagikan foto-foto keindahan Puncak Mega Gunung Puntang. terdapat ratusan bahkan ribuan tentang eksotisme Puncak Mega. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana trek pendakian gunung yang memiliki tinggi 2222 mdpl ini.

Gue sajikan khusus buat kamu yang mau naik Gunung Puntang, tapi belum tau gambaran trek nya.

Penasaran penampakan trek Puncak Mega seperti apa? 

Berikut 10 foto yang gue upload dari hasil jepretan pribadi.

Maafkan kalo burem.. Maklum ngana bukan Fotografer handal...

1. Jalur awalnya langsung bikin nafas kembang-kempis.
Jalur tanah menangga dari basecamp melewati kebun warga terus nanjak sampai perbatasan hutan.
Istirahat diawal-awal boleh kok.. Treknya emang maksa banget buat terus senderan hihi.
2. Diperbatasan kebun dan hutan. Baru bisa tarik nafas. 
Jalur perbatasan antara kebun dan hutan adalah titik pertama yang cukup landai untuk istirahat dan menyiapkan nafas lagi.

Dipersilahkan istirahat untuk menapaki trek selanjutnya hehe.

























































3. Siap? Hayu lanjut dilahap treknya...
Udah cukup narik nafasnya kan? Selanjutnya terus tanjakan sampai Pos Batu Kaca diatas.
Tenang, selanjutnya nggak tanah dan batu aja. Bakalan ada tangga yang membantu para pendaki kok!
4. Begini penampakan tangganya...
Terus aja menapaki tangga dari akar ini sampe ke pos Batu Kaca yang berjarak kurang lebih 3 Jam dari basecamp.
5. Pos Batu Kaca
Lega juga akhirnya nemuin plang Pos Batu Kaca.
Silahkan istirahat lagi.. Selanjutnya lebih menantang kok hihi.
6. Tenang, jangan takut kehabisan tanjakan. Gunung Puntang banyak kok stok tanjakannya...
Percis dari Batu Kaca kita akan melihat jalur yang akan dilalui selanjutnya. Jalur warna kuning itu tanjakan semua yaa..
 7. Mari perdekat. Begini jalur lebih jelasnya...
Para pemburu puncak nihh. Jalur menuju puncak sudah mulai jarang ditumbuhi pohon yang besar. batas vegetasi sudah terlihat dari sini.
8. Dan setelah bersusah payah, disebrang sanalah puncaknya.

Suasana sunrise di pagi hari, Puncak Mega tepat berada di antara jurang yang dalamnya entah berapa meter ke bawah..
9. Inilah para pemburu keindahan Puncak Mega Gunung Puntang.
Jalur yang setaka, menjadi jalan dan pijakan satu-satunya di puncak berketinggian 2222 mdpl ini.
10.Dan akhirnya... Kita ada dipuncak juga...
Disinilah Puncak Mega. Puncak dari Gunung Puntang Bandung.

Terlihat sangat menawan dan memikat mata jika kita berada di puncak ini. Perpaduan tebing curam yang di sinari matahari yang membuat para pendaki seakan ingin berlama-lama diatas sini. Tapi perlu kita tau juga perjalanan untuk mendapatkan keindahan Puncak Mega ini, tidak didapatkan secara instan begitu saja.

Lalu apa yang ingin gue bagikan dari tulisan dan foto ini? Selain informasi mengenai Pendakian Gunung Puntang gue juga ingin memberikan perumpamaan. Ya, percis seperti keindahan Puncak Mega, yang orang lain tahu adalah keindahan dari hasil foto di akhir saja tanpa mengetahui bagaimana proses mencapainya, bagaimana jalurnya, bagaimana letihnya.
Kalian bisa menarik benang lurus dari foto catatan perjalanan diatas. Bahwa setiap hasil yang besar, pasti diawali dengan perjuangan yang besar pula.

Bersabarlah. La tahzan. Innallaha Ma`ana.
------------------------------------------------------------------
Seperti biasa,
#Keepwriting
#Keepsharing
#Staycool
------------------------------------------------------------------
Solat jauh lebih penting daripada membaca blog ini.

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

8 Responses to "10 Foto Jalur Pendakian Puncak Mega"

  1. Ada cp basecamp puntang ga bos ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kontak IG gunung Puntang gan di @ ountang.mountain


      https://www.instagram.com/puntang.mountain/

      Delete
  2. Ada cp basecamp puntang ga bos ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kontak IG gunung Puntang gan di @puntang.mountain


      https://www.instagram.com/puntang.mountain/

      Delete
  3. Waktu tempuh start nanjak berapa jam min smpe puncak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4-5 Jam-an aja kok dari awal basecamp nyampe atas tempat camp. Cuco

      Delete

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.