Main ke Puncak Mega Gunung Puntang

Sunrise Puncak Mega
Perjalanan saya kali ini saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan saya ke Puncak Mega, Gunung Puntang di Banjaran. Gunung Puntang termasuk kepada deretan pegunungan malabar yang merupakan sebuah Gunung api yang terdapat di pulau Jawa.

Puncak tertinggi di deretan Malabar ini ada di ketinggian 2.343 meter diatas permukaan laut. Banyak gunung yang berdiri mengitari kawasan Pegunungan Malabar ini masyarakat mengetahui dengan nama Gunung Wayang, Haruman, Batu & Puntan. Puncak Mega adalah puncak tertinggi dari Gunung Puntang dengan ketinggian 2222/2223 mdpl.

Untuk menuju ke Puncak Mega dibutuhkan waktu setidaknya 3-4 jam berjalan kaki. Mencapai puncak ini para pendaki dapat melalui 2 jalur pendakian yaitu jalur umum & VIP. Perbedaan umum dan VIP dari segi tempuh waktu perjalanan nya dengan lebih cepat melalui VIP namun trek yang ditawarkan lebih curam juga dan biasanya pendaki kebanyakan melalui jalur umum yaitu dari jalur PGPI (Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia).
Baca Juga 10 Foto Trek Pendakian Gunung Puntang

Awal pendakian sama seperti gunung pada umumnya pendaki akan melalui perkebunan milik warga setelah itu mulai memasuki hutan yang masih rimbun dan asri, setelah dua jam berjalan dihutan selanjutnya pendaki akan memasuki kawasan Pos Batu Kereta atau yang lebih sering disebut Batu Kaca dan menemui batas vegetasi hutan dengan pasir dan bebatuan.

Jalur yang dilalui setelah Batu Kereta bisa dikatakan cukup ekstrim dikarenakan jalur sangat sempit dan diapit jurang ratusan meter di kedua sisi. Menanjak di trek pasir dan bebatuan sekitar 45-60 menit pendaki baru bisa sampai di Pos 1 yang biasa dipakai untuk mendirikan tenda, jarak Pos 1 menuju puncak hanya 5 menit dengan jalan yang landai.

Estimasi Biaya :
Ciwidey-Banjaran : Rp 10.000
Simaksi                  : Rp 10.000
Parikir Motor         : Rp. 5000

Total                       Rp. 45.000

Foto lainnya :
Foto sunset ditengah jalur pendakian, dimana-mana... Pohon.
Kabut Bandung di pagi hari, sangat merindu

Jangan khawatir jika sore hari kita tidak kebagian view sunset, di pagi kita akan disambut suasana sunrise diiringi kabut tipis menyelimuti kota yang siap memanjakan mata kita

Para penakluk pagi
Sisi lain puncak Mega
Di sisi jurang pun tetap ada keindahan tersimpan
Hey dunia. Aku pernah kesini lho!

Rekomendasi Untuk Kamu × +

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

Rekomendasi Untuk Kamu × +

0 Response to "Main ke Puncak Mega Gunung Puntang"

Post a Comment

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.