Go! Situs Batu Kuda Gunung Manglayang

Daftar Isi artikel ini [Tampil]

With Yayan Ruhyan KW
Gunung Manglayang membentang di bagian utara wilayah  Kab. Bandung Barat dan Kab. Sumedang . Gunung ini berderet dari arah barat ke timur , mulai dari gunung Burangrang-Tangkuban Parahu-Bukit Tunggul. Gunung dengan tinggi 1.818 meter diatas permukaan laut  (mdpl) kurang begitu dikenal oleh para pecinta alam dari dalam maupun luar Bandung. Padahal jika kita mendaki Gunung Manglayang kita akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan Kota Bandung dan Kota Sumedang yang sangat indah.

Gn. Manglayang
Saat itu saya berangkat bersama kedua teman yang sudah lama mempunyai jam terbang di kegiatan alam ini tim ini terdiri dari saya (orang paling kece) mas wildan (orang paling semangat ) dan mang diki (sesepuh saya nih) katakanlah tim kami adalah tim BB (diambil dari nama kantor bekerja :D.

Kami mendaki melalui lokasi wisata Batu Kuda di daerah Cikoneng, tim sudah disuguhi berbagai macam bentuk keindahan pesona alam Manglayang, keadaan alam yang indah, nyaman dan berhawa sejuk ditambah cerita- cerita masalah legenda yang terdapat di wilayah ini, pada gilirannya membuat daerah di sekitar Batu Kuda, ohya batu kuda ini adalah sebuah batu yang bentuk nya menyerupai seekor kuda.
Batu Kuda (mirip kuda yang tertimbun yah)
Belum jelas? Oke lihat gambar dibawah ini ya.
Begini, Gimana jelas?
Oke. Jelas ya.. Lanjut.

Selain batu kuda ada terdapat makam Sang Raja entah raja apa dan siapa namanya saya kurang tahu hhee,,, makam itu juga banyak dikunjungi dengan tujuan yang berbeda-beda. Oleh penduduk setempat  makam itu dianggap penuh dengan nilai historis. Masyarakat menyebutkan kawasan Batu Kuda yang terletak di antara batu-batuan lain yang ada diperbukitan Gunung Manglayang.

Batu-batuan  yang ada  oleh penduduk setempat diberi nama masing-masing , seperti Batu Tumpeng, Batu Leuit, Batu Semar, Batu Keraton, Batu Ampar, Batu Korsi , Batu Lamunan, Batu Pasir Jirak, Pasir Kitumbak, Curug Kecapi, Curug Cilengkrang dan Curug Pamujaan. Di batu-batuan ini acapkali digunakan sebagai tempat pemujaan dan memberi sesaji, selain lokasi tempat menikmati keindahan alam.

Tidak terganggu dengan itu karena niat saya datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan alamnya, pengunjung biasanya banyak datang pada hari libur (Sabtu dan Minggu). Sementara, para pengunjung yang tujuannya berziarah tidak terbatas pada hari libur. Di kawasn Batu Kuda , juga terdapat bumi perkemahan yang dikelilingi pohon pinus yang indah
Pohon Pinus di Bumi Perkemahan Batu Kuda
Untuk untuk mendaki ke Gunung Manglayang memang cukup berat, apalagi untuk para pendaki pemula. Kita disuguhi jalan setapak dengan kemiringan kira-kira antara 40 sampai 60 derajat, pada lintasan perjalanan terdapat tanah datar yang biasa digunakan untuk beristirahat. Puncak Gunung Manglayang dikategorikan menjadi 3 bagian, yaitu puncak barat, puncak utama dan puncak timur. Trek pendakian yang cukup berat berada saat kita berjalan dari Batu kuda menuju puncak barat, setelahnya menuju puncak utama memang trek masih menanjak tetapi jaraknya cukup dekat.
Welfie
Setuju mirip?
Pencela = Pendaki Cepat Lelaaaah
Foto balik badan emang selalu ganteng unch... #backgenic
Jika ingin melihat pemandangan Kota Bandung dan Sumedang kita harus mencapai ke puncak timur atau sering disebut Baru Beureum karena pepohonan yang jarang, tetapi tetap indah. Apalagi dengan udaranya yang sangat sejuk cukup membuat kita betah berlama-lama atau berkemah disana Wana Wisata Batu Kuda yang mudah dikunjungi dari berbagai arah. 

Menuju Batu Kuda,  Anda dapat masuk melalui jalur Kecamatan Ujung Berung (9 km),Cicadas (13 km),Cibiru (masuk dari dekat Bundaran Cibiru/Jalan Manisi), atau dari Cileunyi (ujung Jalan Percobaan bagian timur/Cikalang) dan Jalan Pesantren Al-Jawami Cileunyi Wetan, atau dari daerah Kiara Payung (Kampus Unpad Jatinangor).
Bandungnya berkabut :(
Kondisi jalan dari Cibiru atau Cileunyi umumnya beraspal dan baik sehingga relatif dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Selain menggunakan mobil pribadi, pengunjung dapat menggunakan ojek . 

Anda juga bisa berkemah di kawasan wisata ini. Untuk fasilitas penunjang cukup baik. Di sini  penduduk atau petugas jagawana siap mendampingi Anda. Begitu pula warung dan MCK tersedia. Namun, di sini seperti tempat wisata alam lainnya berlaku juga tabu (yang tidak diperbolehkan) tertentu yang harus dihindari oleh pengunjung.

Mungkin jika anda bingung mencari tempat untuk berekreasi bersama teman-teman, dengan harga tiket masuk lokasi yang terjangkau,  Gunung Manglayang bisa menjadi daftar agenda anda berwisata alam.


Segitu dulu ya.. Makasih udah nyempetin baca artikel ini hihi. Okey sampai ketemu di artikel lainnya.

Rekomendasi Untuk Kamu × +

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

Rekomendasi Untuk Kamu × +

13 Responses to "Go! Situs Batu Kuda Gunung Manglayang "

  1. mantap broo :D

    ReplyDelete
  2. salam kenal, Nama saya Muhamad Ilyas.

    pengen sekali rasanya kesana, kalau lihat pemandangan yang cakep cakep kaya gitu

    ReplyDelete
  3. Indah sekali suasananya yah,,, Lain kali saya tak mampir bos yah,,, hehe

    ReplyDelete
  4. kawasan batu kuda dan manglayang, memang asyik untuk menikmati alam yang tidak jauh dari kota Bandung. Mantap kang. salam kenal dari komunitas satubumikita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dikunjungi salah satu Komunitas terbesar ini hehe.. iya kang salam lestari!

      Delete
  5. mantap gan, jadi pingin pergi kesitu, update terus ceritanya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan saja cuf biar selalu ada kuotaa hahahaaha

      Delete
  6. Deket ma tempat sekolah saya nih dulu waktu tahun 2006an di sltp n 46 Bandung... Dulu saya tinggal di perum bumi Palasari raya... Saya pernah main ke tempat ini..

    ReplyDelete

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.