Jalur Selo : Menyapa Senja Yang Menggoda

Merbabu | Sunset Senja dipuncak Merbabu
GUNUNG MERBABU, JAWA TENGAH. Beralatar hari libur dari kantor yang cuman setitik saya (baca : Pessa) dan Adit, kami dua orang pejantan tangguh dengan lantang berniat bakalan mencapai puncak Gunung Merbabu di akhir tahun 2018.
Baca juga : Gunung Slamet : Rajanya Jawa Tengah
Mungkin sama kayak kebanyakkan orang, ini adalah agenda liburan akhir tahun buat kami.

Perjalan Pendakian ke Gunung Merbabu ini adalah bukti nyata liburan kami.

Berangkat dari kota kembang Bandung menuju ke kota Boyolali, ini adalah perjalanan lintas provinsi kami.

Hanya berdua. Aduhai Sosweet sekali

Transportasi Pendakian Gunung Merbabu dari Bandung.

Merbabu dari Desa di kaki gunung
Setelah baca-baca dan cari informasi yang cukup mumpuni tentang transportasi untuk menuju Gunung Merbabu dari Bandung. 

Ada beberapa pilihan untuk menuju ke Merbabu, kita bisa menggunakan transportasi Kereta Api dari Stasiun Kiara Condong Bandung yang nanti turun di Stasiun Kutoarjo, Magelang, atau melalui jalur darat, yaitu menggunakan angkutan Bus dari Terminal Cicaheum, Bandung yang nanti turun di Pasar Ampel, Boyolali.

Kesimpulannya, sepakat agar kami menggunakan Bus saja untuk perjalanan ke Merbabu dengan waktu tempuh 6 jam perjalanan dan memakan biaya sekitar Rp. 180.000/per orang.

Setelah kami sampai di Pasar Ampel, kami sempatkan untuk membeli logistik dan kebutuhan makanan lainnya, harga-harga di Pasar Ampel ini cukup murah dan terjangkau untuk kantong para pendaki.
Elf, Merbabu bikin Rindu
Setelah paking ulang carier kemudian dari Pasar Ampel kami lanjutkan menggunakan angkutan Elf ke pangkalan ojek di kaki Gunung Merbabu. Ongkos Elf dari Pasar Ampel sampai pangkalan Ojek Merbabu ini sekitar Rp. 10.000/per orang.

Sesampainya di pangkalan ojek kami lanjutkan menggunakan ojek khusus yang memang dipakai biasa untuk mengantar para pendaki mencapai Basecamp Selo Gunung Merbabu. Tarif Ojek yang dipatok dari kaki gunung sampai Basecamp Selo yaitu sekitar Rp. 25.000/per orang.

Total waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Basecamp Selo dari Bandung yaitu sekitar 7 jam perjalanan. Untuk lebih jelas berikut dibawah peta jalur perjalanan kami dari Bandung sampai Basecamp Selo :

Fasilitas Lengkap di Basecamp Selo.

Selo ae mas yang penting nyampe puncak!
Kenapa waktu itu kami memutuskan mendaki Gunung Merbabu dari jalur Selo?

Yap. Selain karena Jalur Pendakian Selo cocok banget buat yang pertama kali naik Gunung Merbabu juga karena Fasilitas yang ada di Jalur Selo ini kumplit banget! Mulai dari Basecamp, Transportasi sampai jajanan disini murah-murah juga.

Kami disini diam di sebuah tempat singgah bernama Basecamp Pak Bahri. Basecamp ini sudah cukup terkenal di kalangan para pendaki Gunung Merbabu.

Di Basecamp Pak Bahri memiliki fasilitas yang lumayan kumplit seperti, adanya Mushola, Tempat Mandi, Tempat Istirahat jika kita kemalaman, Penyewaan alat-alat pendakian sampai menyediakan jasa jemputan para pendaki ke Terminal.

Mantap.

Hampir nggak ada alasan buat nolak Jalur Selo sebagai rute menuju Puncak Merbabu.

Untuk Simaksi sendiri dilakukan di area Gerbang Pendakian. Dan harga untuk mengurus surat ijin memasuki kawasan konservasi Gunung Merbabu sekitar Rp.15.000/per orang.

Rute Pendakian Gunung Merbabu via Selo.

Mohon maaf kalo peta kurang akurat

Jalur dari Basecamp - Pos satu, Gunung Merbabu.

Dimanapun urusan perut nomor satu
Awal kita mulai jalan dengan landai dari basecamp, kita akan melintasi area perkemahan yang luas, pohon pinus adalah pohon yang banyak diarea ini, suasana diawal cukup sejuk karena rindangnya pohon pinus meskipun siang hari.

Di jalur pendakian awal, jalur masih cukup landai, tetap berhati-hati karena dijumpai banyak persimpangan, tetaplah berada dijalur yang cukup lebar. Ditemukan juga beberapa kera ekor panjang selama jalur awal ini.
Rutinitas : istirahat
Kita juga akan melintasi trek aliran air yang kering dengan jalur yang sedikit menanjak dari sebelumnya. Ikuti jalur ini sampai di lokasi area Tikungan Macan.

Harus diperhatikan di area Tikungan Macan ini terdapat turunan yang rawan membuat para pendaki tersesat, dari area ini jalur mulai menanjak dengan situasi terbuka, menanjak sekitar satu sampai dua jam kita akan sampai di Pos 2.

Jalur dari Pos dua - Pos tiga, Gunung Merbabu.

Pos dua merupakan area yang cukup lebar untuk mendirikan tenda.
Kalo dikasih Hujan udah tamat kita
Jalur menanjak akan kita lewati lagi, perjalanan menyusuri trek mirip parit kecil yang jika hujan turun otomatis jalan ini akan menjadi tempat saluran air dari puncak.
Mayan licin kalo ujan nih
Perjalanan dari Pos 2 dengan tanjakan yang lumayan terjal kita tempuh sekitar 30 - 60 menit jalan santai sampai di Pos 3.

Pos tiga, Awal Pemandangan Indah Gunung Merbabu.

Merapiku gagah di sore hari
Stamina tubuh kita yang lumayan sudah terkuras dari tadi akan terbayar ketika kita sampai di pos tiga.

Sebagai gambaran, diarea pos tiga, kita berdiri di area padang rumput terbuka, kondisi medan di pos 3 sangat gersang dan berdebu jika di musim kemarau dan akan sangat licin juga terjal jika kita mendaki di musim hujan.

Di area ini pendaki akan melihat banyak tumbuhan bunga Edelweiss yang tumbuh tinggi di sekitar pos tiga, selain adanya bunga abadi pendaki juga akan melihat langsung gagahnya Gunung Merapi yang menjulang tinggi didepan mata.

Pemandangan indah dari Pos tiga seakan memaksa kita untuk berlama-lama disini.

Medan Terjal Menuju Sabana 1 - Sabana 2.

Seksi-seksian di jalur yang nggak banget
Dari Pos tiga kita harus melahap jalur yang makin menanjak untuk sampai ke pos empat atau yang biasa di sebut Sabana 1.

Area Sabana 1 merupakan padang rumput mirip seperti pos tiga, di Sabana 1 juga enak buat bersantai sesudah lelah-lelahan karena trek tanjakan sebelumnya.
Merbabu tanjakannya awet!
Setelah puas istirahat di Sabana 1 jalur kembali menanjak terjal dan berdebu, kurang lebih sekitar 1 jam kita dipaksa berjalan di medan yang sangat berat untuk mencapai puncak bukit.

Setelah dipuncak bukit kita akan melewati turunan dan sampai diarea yang landai yaitu Sabana 2.
Enak banget kan? Pas bangun ngeliat awan
Gambaran bukit teletubies akan kita rasakan di Sabana 2 ini. Tempat ini banyak ditumbuhi bunga Abadi Edelweiss. 

Tempat ini merupakan area yang cocok untuk beristirahat mendirikan tenda sebelum kita kemudian melahap trek selanjutnya untuk menuju puncak.

Puncak Gunung Merbabu dan Segala Keindahannya.

Satu pendakian baru, selalu ada pertemanan baru
Jarak yang dibutuhkan dari Sabana 2 menuju puncak adalah kurang lebih 2 jam perjalanan trek yang menanjak.

Jalur terakhir ini juga disebut sebagai jalur paling terjal dari awal sampai puncak.

Sesampainya kita di puncak Gunung Merbabu kita bisa melihat pemandangan indah yang bisa membayar lelah dan letih kita selama pendakian ke Puncak Merbabu.

Untuk menuju Puncak Kenteng Songo kita tinggal berjalan kurang lebih 10 menit menuju arah timur.

Ciri khas dari Puncak Kenteng Songo ini yaitu terdapat batu yang memiliki lubang dengan total ada 9 lubang.

Banyaknya mitos yang berkembang di area Kenteng Songo ini tidak mengalahkan keindahan yang ada di Puncak Gunung Merbabu.
Senja Merbabu yang Menggoda
Kata orang "Jangan mendaki jika tidak ingin ketagihan."

Dengan berdiri disini, di puncak Merbabu. Kami tahu apa arti dari semua itu.

Indahnya Pendakian Merbabu sukses membuat kami Merindu.

Merindu menjelajah ke tempat-tempat yang tinggi lainnya.

Foto-Foto Keindahan Puncak Gunung Merbabu.

Sendja satoe
Gagal Move On dari Merapi ini
Spechless
Terimakasih Jalur Selo, Merbabu atas Kenangan nya. Sayonara!

Rincian Biaya Mendaki Gunung Merbabu dari Kota Bandung.

Bus dari Terminal Cicaheum sampai Boyolali (Pasar Ampel) Rp. 360.000 (pp)
Elf dari Pasar Ampel ke Pangkalan Ojek Merbabu Rp. 10.000
Ojek dari pangkalan sampai Basecamp Selo Rp. 25.000
Retribusi warga sekitar kaki Gunung Merbabu Rp. 5000
Simaksi Gunung Merbabu Rp. 15.000
TOTAL Rp. 415.000 (kurang lebih)

Catatan Waktu Perjalanan Menuju Gunung Merbabu

Bandung - Boyolali (Pasar Ampel) via Bus 06 Jam
Pasar Ampel - Pangkalan Ojek (via Elf)  30 Menit
Ojek ke Basecamp Selo 30 Menit
Basecamp - Pos 1 120 Menit
Pos 1 - Pos 2 90 Menit
Pos 2 - Pos 3 60 Menit
Pos 3 - Pos 4 (Sabana 1) 90 Menit
Pos 4 (Sabana 1) - Pos 5 (Sabana 2) 30 Menit
Pos 5 (Sabana 2) - Puncak (Kenteng Songo) 90 Menit
TOTAL 7 Jam di kendaraan
8 Jam pendakian
Seperti biasa : Shalat jauh lebih penting daripada baca blog ini

Rekomendasi Untuk Kamu × +

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

Rekomendasi Untuk Kamu × +

0 Response to "Jalur Selo : Menyapa Senja Yang Menggoda"

Post a Comment

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.