Inilah Info Estimasi, Simaksi, Jalur, Rute Pendakian lengkap Gunung Tambakuryung (Puncak Gn Geulis) Ciwidey Bandung

Daftar Isi artikel ini [Tampil]
Gunung Tambakuruyung dan Gunung Geulis Ciwidey
Info Estimasi, Simaksi, Jalur, Rute Pendakian lengkap Gunung Geulis (Tambakuryung) Bandung - Olah Raga mendaki gunung merupakan hal yang sangat menyenangkan sekali, salah satu manfaat yang didapatkan dari mendaki ialah kita akan dituntut agar selalu kuat serta disiplin, dan stamina fisik serta ilmu tentang survival kita juga akan bertambah.

Alangkah baiknya para pendaki sebelum melakukan pendakian ke gunung tertentu disarankan untuk mengetahui segala informasi terkait gunung yang akan di daki, meliputi Estimasi biaya pendakian, Simaksi untuk melakukan pendakian, Jalur dan Rute selama Pendakian ke Gunung tersebut.

Dalam artikel kali ini, Jejakumurku akan memberikan informasi tentang Estimasi, Simaksi, Jalur, Rute Pendakian lengkap Gunung Geulis (Tambakuryung) Bandung.

Kita mulai yuk.
Puncak Gunung Geulis
Gunung Geulis berada satu kawasan dengan Gunung Tambakuruyung, maka tidak heran kalau warga sekita menyebut Gunung Geulis itu sebagai puncak timur dari Gunung Tambakuruyung. 

Sebagai informasi puncak Gunung Geulis sendiri berada di ketinggian 1650 meter diatas permukaan laut. Letak administratif Gunung Geulis berada di daerah Mekarwangi, Sindangkerta, Lebakmuncang Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Dikalangan para pendaki Gunung Geulis, tidak begitu populer dalam pendakian, sama halnya dengan Gunung Tambakuruyung yang ada di sebelahnya.

Info Simaksi Pendakian Gunung Geulis (Tambakuryung) Bandung.

Untuk Simaksi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Geulis ini masih GRATIS. Alias tidak bayar, dikarenakan belum adanya pihak yang mengelola jalur pendakian ke Gunung Geulis ini.

Usahakan ketika akan mulai mendaki jangan lupa beritahu masyarakat sekitar, atau para petani yang ditemui selama perjalanan bahwa kita akan melakukan pendakian ke Gunung Geulis. 

Tujuannya agar warga mengetahui bahwa sedang ada sebagian orang yang melakukan kegiatan pendakian jika terjadi apa-apa.

Info Jalur dan Track Pendakian lengkap Gunung Geulis (Tambakuryung) Bandung.

Jalur Pendakian
Jalur yang dilalui untuk mendaki Gunung Geulis ini di dominasi jalur jalan perkampungan, lalu memasuki jalur perkebunan sayur dan kopi warga, setelah ini masuk ke jalur hutan sebelum sampai di puncak Gunung Geulis ini.

Dan untuk Trek yang dilalui menuju puncak Gunung Geulis ini, tergolong campur tapi santai. Kenapa? Karena dari awal kita akan melalui trek tanah perkebunan yang landai panjang sesekali memutar tapi landai ditambah ada trek tanjakannya sedikit, ini semua bakalan membuat pendakian ke gunung ini susah dilupakan.

Oiya, untuk menuju puncak Gunung Geulis ini, harus banget juga diperhatikan karena dalam pendakian ke gunung ini terdapat beberapa percabangan jalur, jadi kamu harus ingat dan jangan salah arah ketika menemui percabangan agar tidak salah jalan, apalagi tersesat.

Jangan sampai.

Lalu bagaimana dengan rute? 

Cek ulasan nya dibawah ini.

Info Rute Pendakian lengkap Gunung Geulis (Tambakuryung) Bandung.

Jalur Trek Pendakian

Jalur dan Trek Awal

Parkir motor
Untuk mendaki Gunung Geulis ini, para pendaki dapat memarkir kendaraannya di parkiran Glamping Legok Kondang (waktu pendakian ini diperbolehkan) yaitu salah satu penginapan di Wisata Ciwidey yang terdapat di daerah Legok Kondang Ciwidey. 
Jalur awal pendakian
Perjalanan dimulai dari penginapan ini, untuk masuk ke jalur pendakian ambil jalan setapak ke arah kiri yang menanjak langsung ke trek hutan. Trek pertama langsung menanjak, siapkan mentalmu.

Trek Perkebunan Sayur 1

Jalur menanjak Perkebunan
Setelah kurang lebih 15-20 menit jalan di trek menanjak, kamu akan masuk di trek perkebunan sayur milik warga, trek perkebunan ini tergolong landai sudah dan santai, jadi ikuti saja jalur perkebunan ini sampai kamu menemukan percabangan.

Percabangan 1 & Trek Perkebunan Kopi

Jalur di percabangan
Setelah sampai di percabangan, ambil jalan kearah kanan dan terus ikuti jalur sampai menemukan lagi percabangan (lihat gambar), di sepanjang jalur ini kamu akan melalui jalan setapak di perkebunan kopi yang ditanam warga dengan trek yang landai dan kadang memutar hingga kamu sampai di percabangan percabangan selanjutnya.

Percabangan 2 & Trek Perkebunan Sayur 2

Percabangan Jalur
Nah dipercabangan ini kamu sudah bisa melihat puncak Gunung Geulis dengan jelas dari posisi percabangan ini, selanjutnya kamu ambil arah ke kanan menuju ke jalur perkebunan sayuran warga.
Jalur pendakian
Jalur ini adalah perbatasan terakhir menuju puncak. Jalur ini masih tergolong landai dengan trek yang dilalui yaitu perkebunan sayur warga yang sudah mulai sedikit. Ikuti saja jalur ini sampai kamu menemukan percabangan antara kebun dan hutan.

Percabangan 3 & Trek Hutan

Percabangan Menuju Hutan

Sesampainya di percabangan ini kamu ambil lagi ke arah kanan jalan yang lumayan sempit dan menanjak. Dari jalur ini kamu akan mulai mendaki yang cukup melelahkan, karena trek yang dilalui sekarang adalah trek hutan yang rapat.

Trek Menuju Puncak

Jalur Hutan Menuju Hutan
Dijalur hutan ini diharapkan kamu berhati-hati karena jalur sangat curam dan licin, serta semakin mendekati puncak, jalur yang dilalui akan semakin rapat oleh tumbuhan liar.

Jalur menuju puncak sangat Rapat
Tingkatkan lagi waspada atas pijakan kaki mu. Jalur yang mendekati puncak sangat kecil dan rapat serta terdapat jurang di pinggir kanan dan kiri yang tertutupi tumbuhan liar. Jadi Perhatikan langkahmu ya!

Setelah mendaki di trek hutan rapat dan menanjak kurang lebih selama 30 Menit. Kamu akan sampai di tempat terbuka yaitu Puncak Gunung Geulis.

Puncak Gunung Geulis

Puncak Gunung Geulis
Gambaran Puncak Gunung Geulis ialah sebuah tanah lapang terbuka yang cukup menampung dua sampai tiga tenda dome kapasitas 4 orang.
Malam hari dalam tenda
Dimalam haripun udara lumayan dingin, namun tidak sedingin di gunung yang lain, karena dipuncak merupakan area terbuka jadi angin kadang berhembus kencang jika memang cuaca sedang buruk. 

Gunung Patuha yang berdiri gagah
Pemandangan di atas puncak sangat indah dan terbuka. Terlihat dengan jelas gagahnya Gunung Tambakuruyung yang ada di belakang puncak ini, lalu terlihat juga deretan pegunungan Ciwidey sampai Gunung Patuha di bagian barat dari puncak.
Pemandangan ke arah timur dari puncak
Melihat kearah timur terlihat pemandangan daerah Ciwidey dan sekitarnya, lebih jauh lagi ke arah timur terlihat pemandangan kota Bandung dan gunung-gunung di daerah utara seperti Gunung Burangrang, Tangkuban Perahu sampai ke daerah Bandung Timur yaitu Gunung Manglayang.

Suasana subuh di puncak Gunung Geulis
Suhu di atas puncak tergolong tidak terlalu dingin jika dibandingkan dengan puncak-puncak gunung lainnya. Waktu terbaik dipuncak ini ialah pagi hari dimana sunrise akan terlihat sangat jelas dan cantik memanjakan mata.
Puncak Gunung Geulis
Sunrise Gunung Geulis

Info Estimasi Biaya Mendaki Gunung Geulis (Tambakuryung) Bandung.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung

 Logistik20.000 
 Bensin Motor10.000 
 SimaksiGratis 
 TOTAL 30.000

Tips Mendaki Gunung Geulis (Tambakuryung) Ciwidey Bandung.

Jika ingin melakukan pendakian Gunung Geulis, sebaiknya hindari pendakian dengan banyak rombongan, mengingat di puncak hanya bisa menampung maksimal 3 tenda saja.

Jika bisa bawalah golok / sangkur untuk dipendakian, ini akan sangat berguna untuk menyingkirkan tumbuhan liar yang menghalangi jalan. Ingat jangan sampai merusak yang lainnya Ya!

Bawa selalu tanda pengenal, seperti KTP, SIM / Kartu Pelajar. Agar kamu mudah dikenali jika terjadi hal yang tidak di inginkan.

Membawa air minum lebih adalah hal cerdas ketika mendaki Gunung Geulis. Air hanya ditemukan di saung-saung petani.

Rutin olah raga sebelum naik Gunung Geulis, rutinkan melakukan olah raga sebagai pemanasan untuk mendaki ke gunung ini.

Jangan lupa perhitungkan segala estimasi biaya selama pendakian, agar perjalanan kamu tetap sesuai rencanamu!

Cari Informasi lengkap tentang Gunung Geulis ini, dari mulai tempat parkir sampai hal-hal detail lainnya.

Jadi, kapan mau naik gunung lagi?

PS : Shalat jauh lebih baik daripada baca blog ini

Rekomendasi Untuk Kamu × +

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

Rekomendasi Untuk Kamu × +

2 Responses to "Inilah Info Estimasi, Simaksi, Jalur, Rute Pendakian lengkap Gunung Tambakuryung (Puncak Gn Geulis) Ciwidey Bandung"

  1. Wahh tertanya di ciwidey ada juga ya gunung yang bisa di daki dan masih sepi

    ReplyDelete
  2. Masyaallah... Wisata ciwidey memang sangat banyak sekali.... Recomend banget

    ReplyDelete

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.