Situ Patengan - Menginap di "Ranu Kumbolo" nya Ciwidey


Edit ala-ala
Sebagai Travel Blogger yang hobi naek gunung yang suka nulis disetiap kegiatannya yang kadang malah curhat disetiap tulisannya, jalan-jalan adalah kegiatan yang selalu di dambakan. Ijinkan gue bercerita lagi. Gue, Kemping di danau ‘Ranu Kumbolo’ nya Ciwidey.

Apa yang ada dipikiran kamu ketika denger nama danau Ranu Kumbolo?

Naik Gunung? Semeru?  Mahameru? 5 cm? Zafran? Genta? Genta pemeran film 5 cm yang mirip gue ganteng nya? Setuju kan yak.

As you know.

Ranu kumbolo adalah sebuah danau yang ada di ketinggian tepatnya di gunung Semeru. Dan disini di daerah gue (Ciwidey) ada satu danau yang terkenal sebagai tempat wisata namanya adalah Situ Patengan. Dan kenapa judul tulisan ini Ranu kumbolo? Yak tepat, karena gue udah kepengen banget main ke surganya Gunung Semeru ini, sayang nya belum kesampean nyampe sekarang. Oiya, gue pernah curhat tentang list yang ingin gue capai di tahun 2017 baca disini. idih promo wkwk

Jadi disini gue akan bercerita tentang pengalaman gue berkemah di danau Situ Patengan. Oh iya selama gue tinggal di Ciwidey. Ini pengalaman pertama gue kemping di pinggir danau.

Ok, hmm...

Begitu nyampe di depan gerbang, kita harus bayar dulu buat masuk ke area danau itu. Biaya buat masuk perorang nya dikenakan duapuluh ribu rupiah, dan untuk parkir motor tambah tiga ribu rupiah lagi. Harga yang wajar untuk sebuah tempat wisata.

Gerbang Situ Patengan Sumber
Jarak Situ Patengan dari gerbang ada sekitar 2 kilometer menyusuri kebun teh milik PTPN ini. Gue saranin untuk naik kendaraan saja jangan sok sokan jalan kaki apalagi kayang. Lumayan gempor.
Rame banget sumpah.
Layaknya pada tempat wisata umumnya, begitu beres parkir kendaraan. Kita akan disambit disambut sama pedagang asongan dan oleh-oleh khas Ciwidey. Strawberrynya kakak...
“Udah disini aja dah kita bangun keluarga tenda nya” Kata abang Heru yang nunjukin satu spot di ujung danau buat tempat berkemah.
“Iya disini aja anjis.. entar tengah malem view milkyway nya juara banget” abang Pessa ngeyakinin gue dengan iming-iming nanti malam tempat ini cocok buat menyaksikan langsung langit dengan ribuan bintang.

IYA AJA DEH IYA AJA, DEDEK MAH NGIKUT WE! HHH!

Santai gini pinggir danau


Mari gue ajak kamu semua review secara singkat apa aja sih yang terbaik menurut gue setelah kemping di Situ Patengan.

Instagramable

So-soan candid - Heru
Ngeksis. Buat kamu yang haus banget buat hunting foto demi memenuhi timeline instagram, tempat ini penuh banget spot yang keren dan bakal sangat rugi kalau sampai kamu lewatin buat nggak ambil gambar disini. Ketje Parah!
Antara galau atau lagi pipis
Waktu yang tepat buat ambil gambar disini berkisar antara sore dan pagi hari. Di sore hari biasanya kabut turun menutupi sebagian air danau, sehingga menambah efek ala-ala di hasil jepretanmu.
Human Interest. Kalo diolah sama profesional ya jadi juara hasilnyaaa..
Sumber : https://www.instagram.com/rarindra_prakarsa/
Pun juga dipagi hari. Beberapa kegiatan dari masyarakat sekitar yang masih bercampur dalam balutan kabut, embun, dan sinar matahari yang muncul dari balik pepohonan akan jadi kombinasi yang pecah bagi kamu pecinta fotografi Human Interest. Jos!

Milkyway
Ekspetasi...
Foto by @pritjohan
Adalah benar adanya tentang jenis fotografi yang mengabadikan fenomena langit malam yang dihiasi jutaan kicau bintang, burung kali ah kicau. Orang-orang yang hobi motoin galaxy ini biasanya rela mengunjungi tempat-tempat yang emang bagus untuk menangkap angle foto milkyway. Kabar baiknya, Situ Patengan adalah salah satu tempat terbaik buat nyaksiin milkyway di malam hari. Apalagi bareng kekasih halal, berdua – bawah langit – ditemani ribuan bintang – dingin – jadi anget. Yaelah malah baper.

Bullshit. Ketika gue kemarin kesitu sayang nya bukan pada waktu yang tepat. Jadi yang gue dapetin hanya pemandangan langit malam penuh dengan kabut. Gue sempet mikir mungkin deket daerah sini ada raksasa yang doyan nge-vape, dan kabut ini adalah asapnya. DUH

Ada pepatah terkenal dari seorang Traveler terkenal juga :
Dari orang yang ngaku ganteng
Mancing
foto mancing diambil dari sumber
Kalo udah hobi emang susah..

Dimana ada danau disitu ada pemancing. Dan Patengan lah kayaknya jadi salahsatu tempat yang banyak di kunjungi oleh orang-orang yang hobi dengan kegiatan yang satu ini. Begitu hari menuju malam setelah semua pengunjung pulang dan bobo manja dirumahnya masing-masing justru ada sebagian banyak orang yang datang untuk memancing di Danau ini. Bahkan dari mereka ada yang sampai beberapa hari nggak pulang. Serius, yang gini ada, hanya demi mancing. Mancing kerusuhan. Bhay!

And last, dari gue untuk kamu-kamu yang emang suka kemping di tempat yang baru. Tempat ini Rekomendasi banget.

Setelah pertama kali gue di kemping di patengan kemarin bareng abang Pesa,Heru, dan Adit. Gue nyaranin banget untuk kamu semua yang kepengen nyoba juga kemping di dekat danau. Buat nyobain bermalam di Situ Patengan ini.

Nah ini sisa foto kemarin di 'Ranu Kumbolo'
Ini di timurnya Ranu Kumbolo.
Ini masih di bagian timurnya Ranu Kumbolo :(
Nah Ranu Kumbolo nya sekarang mulai dibangun shelter keren.
Ini juga mulai di bangun di ranu kumbolo.
Dan kayanya pengelola Ranu Kumbolo mulai menyewakan perahu untuk bertamasya
Bangun Dhan. ini bukan Ranu Kumbolo !
Pesan : Sholat jauh lebih penting ketibang nyasar dimari.

Langganan segera, jangan sampai tertinggal postingan dari Jejakumurku. Yang berlangganan semoga murah rejeki aamiin.

13 Responses to "Situ Patengan - Menginap di "Ranu Kumbolo" nya Ciwidey"

  1. jadi kapan ke 'Situ Patenggang' nya Semeru?

    ReplyDelete
  2. keren kang, waktu itu ane dari jakarta mau touring kesana, tapi sampe sekarang cuma jadi wacana doang wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeh.. nanti kalo jadi jangan lupa main sini ke rumah ya hahaha

      Delete
    2. doakan saja kang secepatnya hihi

      Delete
  3. nice info bro, jgn lupa mampir https://androit18.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. Weeh keren tempatnya. Sayangnya dompet ini tak mencukupi

    ReplyDelete
  5. nice pengen banget ke semeru
    sekarang mulai online keknya

    ReplyDelete
  6. Wah mirip rakum ya.. cuma ga dingin wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, kayak ada anget-anget nya gitu hihi

      Delete

Kemon komen dong biar makin rame. Biar berasa ada yang baca sih wkwk

nb : yang mau komentar harus punya akun gmail.